Selasa, 06 Mei 2014

Hadapi SBMPTN dengan Lancar

Ujian Nasional telah berlalu. Saatnya tawakkal dan berdoa nih, sobat kuntum. Namun, perjuangan kita tak berakhir di situ. Apalagi bagi siswa-siswi kelas XII yang akan menjadi mahasiswa, ceilee.. Mereka masih harus memepersiapkan diri untuk masuk Perguruan Tinggi (PT) baik Negeri maupun Swasta. Bagi yang ingin PTN dan tidak lulus SNMPTN (jalur undangan), maka masih bisa ikut seleksi melalui SBMPTN (jalur tes) yang akan dilaksanankan tanggal 17 Juni 2014. Oleh karena itu berikut beberapa tips agar sukses SBMPTN, cekidot..

  1. Pelajari Dasar-Dasar Materi per BAB
Sobat kuntum, berbeda dengan UN, SBMPTN tidak ada SKL-nya. Jadi, kita tidak bisa memprediksi soal-soal yang bakalan keluar di SBMPTN. Berdasarkan pengalaman soal-soal sebelumnya, soal SBMPTN itu tidak lepas dari materi dasar, misalnya konsep dasar hukum newton, dsb. Oleh karena itu, kita harus mempelajari materi- materi dasar dari tiap BAB, sob.

  2. Banyak-Banyak Ngerjain Soal Tahun Lalu
Kita akan menang jika tahu medan perang. Begitu juga dengan SBMPTN, kita akan bisa jika kita udah mempelajari medan soal-soal yang pernah keluar di SBMPTN. Meskipun tidak ada SKL-nya, paling ngak, kita tahu sedikit gambaran mengenai model-model soal SBMPTN. Ini akan sangat membantu kita mengingat pelajaran yang akan kita hadapi besok ada 4, yakni TKPA dan TKD Saintek (bagi jurusan Ipa) serta TKPA dan TKD Soshum (bagi jurusan IPS).

  3. Belajar Melebihi Batas Rata-Rata
Seseorang akan menjadi biasa jika ia melakukan hal yang biasa. Namun jika ia melakukan hal yang luar biasa, maka ia akan luar biasa. Jika orang-orang belajarnya 2 jam, maka kita harus lebih dari 2 jam. Jika mereka belajarnya 5 jam, maka kita harus lebih dari 5 jam. Jika kita belajarnya sama-sama 5 jam, maka kita gak punya nilai plusnya dibanding m,ereka. Oleh karena itu, belajarlah melebihi batas rata-rata.

  4. Ambisius Tapi tidak Bernafsu
Ketika ngerjain soal SBPTN besok, kita harus ambisius, tapi jangan nafsu. Ingat, di SBMPTN jika benar dapat nilai 4, salah -1 dan kosong 0. Jika sangat ragu akan jawaban kita, maka tinggalin aja, toh peluang kita jadinya 0, bukan -1. Jadi, lakukan dengan ambisius, namun jangan terlalu bernafsu.

  5.  Perbanyak Ibadah, Berbuat Baik dan Berdoa
Ingat sob, usaha kita akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan doa dan ibadah kepada Allah SWT. Bukan hanya ibadah wajib, tapi juga ibadah-ibadah sunnah juga harus kita lakuin seperti sholat tahajjud, puasa sunah dll. Tidak hanya doa dan ibadah, namun kita juga harus berbuat baik kepada sesama. Doasa yang kita lakukan akan menghambat doa kita kepada Allah. Oleh karena itu, jangan lupa perbanyak doa, ibadah dan berbuat baik kepada sesama.

sobat kuntum, itulah 5 tips agar kita sukses dalam SBMPTN. Tapi ingat, tips tak kan berarti tanpa pelaksanaan dan niat. So, lakukan dan niatkan dengan sungguh-suungguh. Semoga kita bisa diterima di PT impian kita masing-masing. Amin. 

0 komentar:

Posting Komentar