Rabu, 20 Agustus 2014

PPSMB, Asyik!

Manjadi mahasiswa merupakan salah satu kebanggaan tersendiri bagi kebanyakan kawula muda. Selain karena udah melepas seragam (yang artinya bebas, ciee yang bebas, hahaha... ), mereka juga udah menekuni ilmu sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Namun, sebelum mencapai itu semua, seorang mahasiswa baru (maba) harus melewati suatu proses yang namanya ospek (orientasi studi dan pengenalan kampus), MAU TIDAK MAU!, HAHAHA *tertawa sinis..

Di mata sebagian besar maba, kata 'ospek' adalah sesuatu yang menyeramkan karena ospek identik dengan perpeloncoan, senioritas, pengkerdilan posisi di depan umum, bullying, dan lain sebagainya. Mereka disuruh memakai dan melakukan hal-hal aneh yang bahkan di luar batas kewajaran. bahkan di beberapa perguruan tinggi, kegiatan ospek ini sering membawa korban, baik luka-luka maupun meninggal, ih... serem banget ya teman-teman. Tentu saja ini semakin menambah ketakutan para maba.

Tidak hanya maba, sebagai aktor, yang merasa ketakutan, tetapi orang tua maba juga merasakan ketakutan, bahkan melebihi ketakutan si maba sendiri. Orang tua merasa cemas dan was-was anaknya dalam keadaan baik-baik saja. Bahkan, beberapa di antara orang tua tersebut, mereka menunggui anaknya di kampus selama ospek berlangsung. Akhirnya, kegiatan ospek menjadi suatu momok bagi maba dan mendapatkan kesan negatif bagi orang tua maba (ane setuju bu,,, Lho? Lho?).

Sebagai universitas terbaik di Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM) menjawab permasalahan ospek di atas dengan meluncurkan sebuah kegiatan yang bernama Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB). Kegiatan ini adalah bentuk revolusi dari kegiatan ospek yang selama ini berkonotasi buruk. Tidak seperti ospek lainnya, di kegiatan ini bisa dijamin deh sangat berbeda dengan ospek kebanyakan. Nggak bakalan ada bentak-bentak, hukuman fisik, hukuman tidak wajar, hukuman tidak etis, hukuman pancung, hukuman potong tangan, hukuman mati,.. eits-eits.. CUKUP! (kebablasan, wkwk).

Dan nggak hanya itu nih teman-teman, PPSMB itu adalah ajang untuk mempersiapkan sumberdaya manusia dengan menjadikan mahasiswa baru menjadi pembelajar yang sukses, unggul, cerdas, dan profesional di bidangnya, serta mampu bersaing dalam percaturan global. Wah, keren banget ya teman-teman, selain memperkenalkan lingkungan kampus, ternyata PPSMB juga merupakan kegiatan bermanfaat untuk si maba sendiri. Sukses deh PPSMB! PPSMB!, GOOD...   PPSMB!, GOOD...   PPSMB!, GOOD... :D

Ya, acara yang diramal bakal lebih seru ketimbang Indonesian Idol ini bakal diselenggarakan pada tanggal 18-24 Agustus 2014. Seluruh peserta adalah Gamada (Gadjah Mada Muda, sebutan bagi maba UGM) angkatan 2014 dari seluruh jalur, baik SNMPTN, SBMPTN, UTUL maupun PBU. Mereka semua adalah maba-maba terpilih dari puluhan ribu cama (calon mahasiswa) yang mencoba masuk ke UGM. Selamat deh buat teman-teman Gamada, hehehe... :D

Uniknya lagi teman-teman, dengan acara PPSMB ini juga, para maba saling mengenal, bahkan sampai-sampai ada yang cinlok (cinta loker, haha, bukan-bukan, cinta lokasi, kok, hehehe Viss... :D). Ini semua adalah kelebihan PPSMB dibandingkan dengan ospek. Dengan PPSMB, kita kayak udah ngerasa jadi mahasiswa beneran karena kita didewasakan, tidak dikucilkan, bahkan dihargai. Beda banget sama ospek yang sangat menuhankan senioritas. Makanya, gak heran kalau pada perjalanannya, UGM meraih prredikat sebagai Universitas Terbaik di Indonesia. Ini semua karena kemajuan berpikir mahasiswa UGM yang sejak awal sudah diajak berkegiatan secara dewasa. Salut deh sama UGM, hehehe, UGM!, GOOD...   UGM!, GOOD...   UGM!, GOOD..., hahaha

Dari semua uraian sistematif dan kolaboratif di atas, cieeh, bahasanya nggak nahan, broooo, hahaha... :p, PPSMB adalah kegiatan yang sangat menguntungkan dan mengasyikkan. Kalian bakal rugi kalau gak ikut PPSMB. Bagi Gamada, tentu enak udah bisa ikut PPSMB, kelewatan banget yang gak ikut... :@. Tetapi, bagi cama, maka ayo buruan masuk UGM. UGM ada 18 fakultas lho, universitas dengan jumlah fakultas terbesar se-Indonesia. Makanya gak udah takut gak kebagian tempat. Asal kalian berlajar sungguh-sungguh dan berdoa, maka Insya Allah, kalian menjadi Gamada, AMIIIINN, dan bisa ikut PPSMB, :)


2 komentar:

  1. Insyaallah masuk UGM, hehe

    BalasHapus
  2. assalamualaikum...
    teman seperjuangan selama di muin, teman sekamar, teman dolan ng bioskop hhe, inspirator, teman religius, lengkap pokok e...
    semoga selalu diberikan kesehatan,amin..

    BalasHapus