Kamis, 17 Oktober 2013

Anak Sakit, Tak Perlu ke Dokter Lagi!


Cover ANAK SEHAT_ok_convert_edtwrna.jpgIdentitas Buku :
Judul: Anakku Sehat Tanpa Dokter
Penulis: Sugi Hartati, S.Psi

Penerbit: Stiletto
Editor: Herlina P. Dewi
Tebal: xx + 192 halaman
Harga: Rp 40.000,-




Memang menjadi orang tua itu susah-susah gampang. Ia harus bisa membagi dirinya untuk pekerjaannya, waktunya dan yang terpenting untuk anaknya. Ya, dia harus mencurahkan waktu yang kadang melebihi dari waktunya untuk dirinya sendiri hanya demi sang buah hati tercinta. Tak jarang pula orang tua yang akhirnya memiliki babby sitter ntuk merawat anaknya saking sibuknya. Hal ini menunjukkan kekhawatiran yang sangat mendalam dari orang tua kepada anaknya, terutama dalam masalah kesehatannya.

Kebanyakan orang tua panik ketika mendapati anaknya dalam keadaan tidak fit atau sakit, baik itu sakit ringan sepeti demam dan batuk hingga sakit yang berat seperti diare, sesak nafas dan lain-lain. Kepanikan mereka biasanya dikarenakan oleh ketidakpahaman mereka akan masalah kesehatan dan penyakit anak. Kebanyakan orang tua langsung membawa anaknay ke dokter atau rumah sakit untuk mengobati anaknya, meskipun itu hanya batuk ringan atau flu biasa. Tak ayal biaya pun keluar yang kadang tidak sedikit.
Sugi Hartati, S.Psi. menulis buku dengan judul “Anakku Sehat Tanpa Dokter”. Buku ini berisi tentang perawatan kesehatan dan pencegahan serta pertolongan pertama pada anak ketika anak sakit. Hartati menulis melalui sudut pandang psikologis anak dan kedokteran. Jadi, penuntasan kesehatan anak tidak hanya dengan memberikan obat, namun juga dengan cara pencegahan dan penanganan psikologis yang komprehensif. Di dalamnya terdapat bahasan antara lain sebagai berikut:
- Kenapa anak sering sakit?
- Mengarahkan gaya hidup sehat pada anak.
- Mengenali gejala sakit dan cara mengatasinya
- Teknik akupresur (pijat) yang menyehatkan.
- Makanan sebagai food therapy.
- Dll
Buku ini sangat dibutuhkan oleh orang tua sebagai pegangan dasar bagi penanganan masalah kesehatan pada anak. Buku ini mudah dipahami dan dipraktekkan. Buku ini bersifat praktis sehingga orang tua dan anak bisa langsung mengobati masalah kesehatan anak dan mempraktekkannya langsung. Selain itu, bahan-bahan yang disebutkan dalam buku ini mudah didapat dan murah. Bahasannya mulai dari penyakit ringan hingga berat. Jadi, para orang tua tidak perlu repot-repot lagi membawa anak ke dokter atau rumah sakit untuk sekadar mengobati anak mereka dari penyakit-penyakit ringan sehingga biaya yang dikeluarkan juga tidak begitu besar.
Di sisi lain, buku ini hanya mengandung informasi-informasi singkat sederhana mengenai penyakit tertentu sehingga penanganannya tidak seintensif ketika anak berobat ke dokter. Informasi-informasi singkat tersebut hanya menyangkut masalah penanganan singkat secara umum, sehingga menyamakan semua kondisi anak. Padahal kondisi setiap anak berbeda dan ditangani dengan cara yang berbeda pula. Tetapi buku ini menyamakan semuanya mengenai anak.
Buku ini sangat cocok bagi orang tua  yang memiliki anak atau babby sitter dan pengasuh asrama anak karena buku ini sangat praktis dan mudah dijalankan. Dengan buku ini, minimal orang tua ataupun yang merawat anak tidak akan panik dan bingung ketika menghadapi anak dalam keadaaan sakit dan tidak fit serta cara penanganannya.

0 komentar:

Posting Komentar