Jumat, 18 April 2014

8 Tips Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri


Sekolah gratis? Siapa yang tidak mau. Apalagi kalau sekolah gratis di luar negeri. Wow, pasti pengen banget kan? Nah, untuk itu, berikut ini ada beberapa tips agar mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

1.  Cari info sebanyak-banyaknya
Sobat kuntum, info-info beasiswa sebenarnya banyak banget. Mulai dari yang dalam negeri, sampai ke luar negeri. Cuma kadang kitanya aja yang malas nyarinya. Nah, makanya, kita harus rajin-rajin update info beasiswa.

2.  Persiapkan sertipikat bahasa asing
Karena kita nantinya berada di luar negeri, otomatis bahasa yang kita gunakan adalah bahasa asing. Nah, untuk menunjukkan kemampuan kita dalam bahasa asing, maka diperlukan sertipikat bahasa asing, seperti TOEFL, IELTS dan lain-lain, sebagai bukti. Oleh karena itu, tes TOEFL itu juga penting. Coba ikuti dan terus belajar untuk hasil maksimal.

3      3.  Buatlah Aplikasi yang ampuh
Seorang calon penerima beasiswa akan dilihat dari pengalamannya. Oleh karena itu, aplikasi sangatlah penting. Agar dapat memikat hati para pemberi beasiswa, maka diperlukan aplikasi yang ampuh. Misalnya dengan menulis pengalaman-pengalaman luar biasa sobat kuntum atau menceritakan motivasi sobat kuntum mengikuti beasiswa tersebut.

4       4. Persiapkan surat rekomendasi dari guru/dosen
Surat rekomendasi juga penting nih. Dengan surat rekomendasi, maka pihak pemberi beasiswa akan semakin yakin dengan kemampuan yang kita miliki. Mintalah kepada guru/dosen yang udah senior atau profesor. Usahakan ia mengetahui perjalanan akademik kita agar terlihat lebih meyakinkan.

5       5.  Perhatikan tenggat waktu
Aplikasi udah siap, surat rekomendasi udah di tangan, tapi kalau waktu pengajuan beasiswa udah lewat, sama aja sia-sia. Nah, makanya, kita harus memperhatikan tenggat waktu yang disediakan. Usahakan segala kelengkapan berkas yang menjadi persyaratan sudah siap seminggu sebelum batas akhir pendaftaran agar ketika ada kesalahan, kita masih bisa memperbaikinya.

6       6.  Perhatikan persyaratan beasiswa
Pas mau ngirim berkas ke pihak pemberi beasiswa, eh, ternyata beasiswa yang diselenggarakan berbeda dengan yang kita inginkan. Mau daftar S1, malah kirim ke beasiswa S2. Jadi kacau nanti. Makanya, perhatikan persyaratan sebelum mendaftarkan diri.

7       7.  Buatlah CV yang menarik
Semua persyaratan apapun pasti selalu mensyaratkan CV. Hal ini karena dari CV itu pihak pemberi beasiswa menggambarkan diri kita secara tidak langsung. Karena CV begitu penting, maka buatlah CV yang menarik. Jangan segan-segan untuk menuliskan semua kegiatan dan prestasimu di berbagai tingkat. Juga jangan lupa kirimkan foto terbaikmu. Tapi jangan foto pas kamu lagi selfie,ya. :D

8       8. Berdoa
Kalau kita hanya berusaha tanpa mengikutkan Allah dalam setiap usaha kita, maka semua akan sia-sia. Oleh karena itu jangan pernah berhenti berdoa karena kekuatan doa itu melebihi kekuatan apapun. Jangan lupa untuk tawakkal kepada Allah melalui doa kita.

so, sobat kuntum, itulah 8 tips agar kita mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Semoga kita bisa mendapatkan sekolah impian kita masing-masing dengan beasiswa. 

0 komentar:

Posting Komentar